KISAH SELEB INDO: Viral Agnez Mo Bicara Darah Indonesia, Najwa Shihab Punya DNA dari 10 Nenek Moyang

Rabu, 27 November 2019

Viral Agnez Mo Bicara Darah Indonesia, Najwa Shihab Punya DNA dari 10 Nenek Moyang

Viral Agnez Mo Bicara Darah Indonesia, Najwa Shihab Punya DNA dari 10 Nenek Moyang

Presenter Najwa Shihab menghadiri acara Indonesian Sport Awards 2018 yang diselenggarakan di Studio 1 Trans TV, Jakarta, Jumat (23/11/2018).

Berita Online Terapdate - Meski penyanyi Agnez Mo telah menjelaskan maksud pernyataannya soal "tidak berdarah Indonesia" saat wawancara dengan BUILD Series di New York, AS, rupanya hal tersebut masih jadi perbincangan. 

Agnez sendiri mengatakan, omongannya tentang darah Indonesia itu dimaksudkan untuk menunjukan betapa beragamnya suku bangsa yang ada di Indonesia. 

Agnez juga ingin memberitahu kepada dunia bahwa ia bisa diterima dengan baik walaupun termasuk minoritas di Indonesia. 

Ya, menurut studi, Indonesia memang merupakan bangsa kosmopolitan, negara yang orang-orangnya berasal dari perlbagai belahan dunia.

Salah satunya contohnya adalah jurnalis dan presenter Najwa Shihab. 

Najwa merasa kaget dengan hasil tes DNA terhadap dirinya karena selama ini ia merupakan orang Indonesia keturunan Arab. 

Namun, gen Arab yang dimiliki Najwa ternyata hanya sebesar 3,4 persen. 

Putri cendekiawan muslim Quraish Shihab ini justru punya 10 fragmen DNA dari 10 leluhur yang berbeda.

Hal itu terungkap dari hasil penelitian Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh majalah sejarah daring Historia. 

"Yang mengejutkan (dari hasil tes DNA) bahwa bagian Arab-nya hanya tiga persen kan gitu, padahal dari dulu mengidentifikasikan diri kalau dianggap keturunan ya keturunan Arab," ucap Najwa Shihab kepada RajabandarQ via telepon, Kamis (17/10/2019).

"Tapi sekarang keturunan apa ya, haduh banyak, keturunannya ada 10," tambah perempuan kelahiran Makassar 16 September 1977 itu.

Dari hasil penelitian, diperlihatkan bahwa Najwa memiliki fragmen DNA dari moyang yang berasal dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, diaspora Asia, diaspora Afrika, dan diaspora Eropa. 

Komposisinya sebesar 48,54 persen South Asian, North African 26,81 persen, African 6,06 persen, East Asian 4,19 persen, African Dispersed 4,15 persen, Middle Eastern 3,48 persen, Southern European 2,20 persen, Northern European 1,91 persen, dan Asian Dispersed 1,43 persen. Agen BandarQ

Berkait banyaknya fragmen DNA yang dimiliki Najwa Shihab, ia tak merasa heran.

Najwa mengaku sebelumnya, sedikit banyak sudah mengetahui tentang perjalanan leluhurnya. 

"Sebetulnya yang DNA-nya berasal dari banyak bangsa itu saya tidak terlalu terkejut, karena saya tahu moyang saya berasal dari Hadramaut (Yaman) dan Habib Ali itu ayahnya kakeknya Abi (Quraish Shihab)," ucap Najdwa. 

"Jadi saya garis keturunan keempat, dari Hadramaut yang kebanyakan seorang pedagang, seorang pendakwah juga jadi memang berkeliling dan kemudian membayangkan bahwa katanya di situ menjadi ada (DNA) Asia Selatan-nya, Afrika Utara-nya karena saya membayangkan pedagang jalur sutra, jadi sepertinya bukan suatu hal yang mengejutkan," tutur wanita yang akrab disapa Nana itu.

Najwa menambahkan, keterlibatannya dalam penelitian ini karena ditawari oleh rekan-rekan dari Historia, di mana pemimpin redaksinya Bonnie Triyana merupakan sahabat Najwa. 

Ketika mendapat presentasi tentang tujuan penelitian ini untuk mengetahui asal usul leluhur orang Indonesia, Najwa merasa tertarik dan menganggap hal ini amatlah perlu untuk menambah khazanah pengetahuan. 

"Tujuan utamanya lebih bagaimana supaya menunjukan bahwa Indonesia itu beragam, bagaimana perbedaan itu bisa menjadikan kita jauh lebih kaya dan membuat kita bertoleransi, mungkin memahami perbedaan satu sama lain, buat saya itu tesis yang menarik dan saya langsung bilang oke mau," ucap Najwa.


Baca Juga - Agnez Mo: Memalukan, Telah Memelintir Ucapan Saya

"Jadi enggak pakai mikir sih langsung oke ketika diajak terlibat saya langsung mau," imbuhnya. 

Najwa Shihab merupakan satu dari 16 relawan yang hasil tes DNA mereka dipamerkan dalam acara tersebut. 

Para relawan itu terdiri dari berbagai profesi dan latar belakang yang berbeda. Beberapa nama di antaranya adalah Ariel NOAH, Mira Lesmana, Ayu Utami, Riri Riza dan Agen Domino

Sebagian lainnya merupakan peserta umum yang terpilih sebagai relawan untuk tes DNA tersebut.

Penelitian ini juga ditujukan menjawab dari mana asal usul bangsa Indonesia yang memiliki sebanyak 700 lebih bahasa dan 500 populasi etnik dengan budaya yang beragam. 

Dalam penelitian genetik ini memakai metode DNA mitokondria yang diturunkan melalui jalur maternal atau ibu, lalu kromosom Y yang hanya diturunkan dari sisi paternal atau ayah, serta DNA autosom yang diturunkan dari kedua orangtua. 

Penanda genetik itu menunjukkan bukti adanya pembauran beberapa leluhur genetik yang datang dari periode maupun dari jalur yang beragam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar